Sabtu, 24 Desember 2011

Selingkuh

Sebuah kata yang sudah sering kita dengar di kehidupan kita, menurut kamus bahasa indonesia arti selingkuh adalah suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; tidak berterus terang; tidak jujur. Namun makna selingkuh yang paling kita mengerti dalam kehidupan ini adalah selingkuh antara sepasang kekasih (baik itu suami istri,ataupun pacaran), yang menduakan perasaan dengan wanita/pria lain. Hal ini banyak sekali dilakukan oleh semua kalangan,baik artis, pejabat dan orang biasa. Semua memiliki alasan nya masing masing untuk berselingkuh,dan semua alasan itu bisa dibilang hanyalah alasan untuk sebuah pembenaran diri dan pembelaan diri dari kesalahan melakukan perselingkuhan tersebut.
Disini saya akan mencoba membahas sedikit mengenai perselingkuhan, kenapa itu terjadi/penyebabnya, dan bagaimana kita mencoba mengatasinya. Namun semua yang tertuang disini adalah menurut pandangan pribadi saya menurut pengalaman dan hal hal yang saya baca,sehingga bila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf.
berikut penjabaran saya mengenai perselingkuhan :
1. Komunikasi Yang Buruk Antar Pasangan
Sebuah landasan penting dari sebuah hubungan adalah komunikasi, apa yang kamu atau aku suka, apa yang kamu atau aku gak suka, kita mau kemana, apa arti hubungan kita ini, kamu kemana, dengan siapa atau banyak pertanyaan lainnya akan muncul disetiap menjalankan sebuah hubungan. Dari komunikasi yang baik akan muncul keterbukaan, pengertian dan muncul rasa percaya antar pasangan. Hal ini akan lebih meningkatkan kualitas dari sebuah hubungan dan bisa mencegah terjadinya perselingkuhan.
Bila komunikasi yang tidak baik, seorang pasangan akan merasa dibohongi, merasa tidak diperhatikan, maka akan muncul pula rasa curiga yang akan mengikis kekuatan dari hubungan itu sendiri. Tanpa komunikasi yang baik pula kita atau pasangan kita bisa bertindak egois,karena dia hanya mengetahui keinginannya sendiri tanpa mengetahui keinginan pasangannya,maka hubungan akan berjalan satu arah saja. Ini mengakibatkan hanya satu orang saja yang akan merasa nyaman dan yang lain akan merasa terpaksa menjalankannya. Dan bila sebuah hubungan sudah tidak lagi kuat, akan memunculkan perselingkuhan dengan berbagai alasan. Entar mencari yang lebih baik, ketidak cocokan dengan pasangan dan alasan lainnya.
Bahkan ada seorang ahli berkata, sebuah perselingkuhan yang sudah/telah terjadi pun pada saatnya perlu dikomunikasikan. Intinya tidak ada hubungan yang tanpa masalah,namun selama masalah itu bisa dibicarakan maka hal itu pasti akan bisa diatasi dengan baik.
Komunikasi yang baik itu bukanlah berarti semua harus kita ceritakan dan semua harus kita ungkapkan, namun komunikasi bertujuan agar tetap menjaga ikatan dari sebuah hubungan itu. Tetap menjaga kesamaan visi,misi ataupun rasa antar pasangan. Bahkan terkadang berbohong dalam komunikasi dengan pasangan pun dibenarkan (ex. berbohong untuk memberikan kejutan).
Jadi jagalah komunikasi dengan pasangan anda, untuk bisa lebih mengenal lebih dalam tentang dia, masalah masalahnya, keinginannya. Dengan lebih mengenal dia lebih dalam,maka kita bisa lebih mencintai dia dengan cara yang benar dan tepat, dan menemukan keindahan keindahan baru dari pasangan kita yang akan menumbuhkan rasa cinta dan pengertian kita kepada pasangan kita.

2. Mencari yang terbaik
Ini alasan klise, manusia pasti mencari hal yang terbaik dalam hidupnya termasuk dalam pasangan hidup. Ketika seseorang sudah memiliki pasangan, namun ada dalam hati muncul keinginan mencari yang lain yang mungkin lebih baik lagi. Maka muncul lah perselingkuhan, karena untuk mendapatkan yang terbaik maka perlu memiliki lebih dari satu lalu dibandingkan berbagai aspek mana yang lebih baik.
Padahal didunia ini tidak ada sempurna. Kita hanya perlu berkomunikasi agar pasangan yang kita miliki sekarang bisa menjadi pasangan yang sempurna bagi kita. apa yang kita harapkan dari dia kita ungkapkan. Namun hal seperti ini tidak bisa kita paksakan, karena bila suatu hal itu tidak bisa kita ubah dan kita paksakan untuk berubah maka dia akan merasa tidak nyaman.
Kalaupun ternyata ada yang lebih baik menurut kita,seseorang lain yang benar benar bisa membuat kita nyaman dan lebih cinta. Akan lebih baik kita lepaskan hubungan yang lama dan jalan hubungan yang baru dengan orang tersebut. Karena kita tidak berhak untuk selingkuh dan menyakiti pasangan kita yang lainnya.
Ada sebuah kata bijak mengatakan bahwa " kita di dunia bukan mencari seseorang yang sempurna untuk kita cintai, tapi mencari seseorang yang tidak sempurna untuk kita cintai secara sempurna".

3. Kebanggaan Diri Atau Mencari Kepuasan Pribadi
kalau alasan ini merupakan suatu sifat dari manusia sendiri, atau sering kita sebut Playboy (cowok) atau PlayGirl (wanita). Orang orang seperti ini tidak bisa mencintai hanya satu pasangan. Ia selalu memiliki pasangan lebih dari satu dan sejalan waktu akan terus bertambah. Bisa dengan alasan materi (atau biasa kita sebut matre), atau kepuasan sex, ataupun sekedar kesenangan pribadi.
Untuk hal ini lebih baik segera dihindari saja orang seperti ini ketimbang sakit hati,namun bukan berarti orang orang seperti ini tidak bisa diubah. Suatu saat bila ada kesempatan mereka benar - benar menemukan cinta sejati mereka,maka mereka bisa saja berubah. (kayak cerita cerita di film ataupun sinetron hehe) karena selama manusia punya hati nurani maka pasti selalu ada kesempatan untuk berubah.

Itulah perselingkuhan menurut saya,namun untuk alasan apapun itu (baik ataupun benar) perselingkuhan jangan lah dilakukan. Namun sebagai manusia saya juga tidak bisa mengatakan sepenuhnya perselingkuhan itu salah.
Buat semua pembaca menurut saya sudah mampu untuk menentukan apa itu baik ataupun benar dari semua tindakan masing - masing. Namun kembali saya akan mengutip sebuah kata kata yang cukup menarik " PERSELINGKUHAN YANG PALING INDAH ADALAH PERSELINGKUHAN YANG TAK PERNAH TERJADI ".


RELATED POST :
- DON ROSA SANG PENULIS
- Robert "Radio" Kennedy
- Kata - Kata Bijak Yang Menjadi Sumber Semangat
- KISAH LENGKAP PENCEKIKAN OLEH RAUL LEMOS (SUAMI KRISDAYANTI) PADA WARTAWAN GLOBAL TV
- Kisah lengkap kasus Prita Mulyasari
- Binatang Paling Beracun Di Dunia
- 20 Ribu untuk 1 jam bersama Ayah
- BAI FANG LI (kisah pengorbanan yang menyentuh hati)
- Funny SMS in English
- Kekuatan tanpa kekerasan
- Chemical.Process.and.Design.Handbook (James G. Speight)
- I AM LEGEND : STORY OF AH LONG (HIV BOY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar