Sabtu, 24 Desember 2011

Kisah Hidup Israel Kamakawiwoʻole (artis bertubuh besar asal Hawai)


Israel "IZ" Kaʻanoʻi Kamakawiwoʻole (May 20, 1959 – June 26, 1997) adalah seorang musisi Hawaii. Dia menjadi terkenal di luar Hawaii ketika meluncurkan album Facing Future.

Kamakawiwoole lahir di Rumah Sakit "Kuakini" di Honolulu dari pasangan Henry Kaleialoha Naniwa Kamakawiwoʻole, Jr., dan Evangeline Leinani Kamakawiwoʻole.Dia mulai bermain musik dengan kakaknya, Skippy dan sepupunya Allen Thornton pada usia 11. Mereka mulai diinspirasi oleh musisi hawai seperti Peter Moon, Palani Vaughn, and Don Ho. Israel terus melanjutkan kariernya,begitu pula saudaranya menjadi tentara pada tahun 1971 dan sepupunya pindah jauh ke Mainland pada tahun 1976.

Kisah remaja nya dimulai ketika ia berkuliah di Upward Bound (UB) of the University of Hawaii di Hilo dan keluarganya pindah ke makah. Disana ia bertemu Louis "Moon" Kauakahi, Sam Gray, and Jerome Koko. Bersama dengan sauratanya Skippy mereka membentuk grup bernama "the Makaha Sons of Niʻihau".
Dari tahun 1976 hingga 1980, Band kontemporer Hawai menjadi terkenal hingga mereka melakukan tour Hawai hingga keliling USA dan juga merilis 15 album yang sukses.
Pada tahun 1982, saudara Israel, Skippy meningga karena serangan jantung. Dan pada tahun yang sama Israel menikagi pacar nya dari masa anak anaknya Marlene. Dan akhirnya dia dikaruniai seorang puteri bernama Ceslie-Ann "Wehi".
Pada tahun 1990, Kamakawiwoole merilis album solo pertamanya Ka Anoi, yang memenangkan penghargaan untuk Album Kontemporer of the Year dan Male Vocalist of the Year dari Akademi Seni Hawaii Rekaman (HARA. Almbum Facng Future dirilis 1993 oleh Perusahaan Apple Mountain. Dialbum ini dimasukkan lagunya yang paling populer Ini menampilkan lagu yang paling populer, medley "Somewhere Over the Rainbow / What a Wonderful World" bersama dengan "Hawaiʻi 78", "White Sandy Beach of Hawaiʻi", "Maui Hawaiian Sup'pa Man", and "Kaulana Kawaihae". Album Facing Future menjadi album debut diperingkat # 25 pada chart katalog majalah Billboard Pop Top. Pada tanggal 26 Oktober 2005, Facing Future menjadi album platinum pertama bersertifikat Hawaii, menjual lebih dari satu juta CD di Amerika Serikat, menurut angka yang diberikan oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika. Pada tanggal 21 Juli 2006, BBC Radio 1. mengumumkan bahwa "Somewhere Over the Rainbow / What a Wonderful World (Benar Mimpi)" akan dirilis sebagai single di Amerika.
Pada tahun 1994, Kamakawiwoole terpilih penghibur terfavorit oleh Hawaiʻi Academy of Recording Arts (HARA).
E Ala E (1995)menampilkan lagu politik berjudul "ʻE Ala ʻE" dan "Kaleohano", dan N Dis Life (1996) ditambah "In This Life" dan "Starting All Over Again".
Pada tahun 1997, Kamakawiwoole kembali dianugerahi oleh HARA di Hoku Tahunan NA penghargaan Hanohano untuk Male Vocalist of the Year, Entertainer Favorite Books of the Year, Album of the Year, dan Album Kontemporer Iland of the Year. Dia menyaksikan upacara penghargaan dari kamar rumah sakit.
Alone in Iz World (2001)masih di peringkat top list No.1 di Billboard's World Chart dan masuk ke peringkat #135 on Billboard's Top 200,dan #15 di the Top Internet Album Sales charts.
Kamakawiwoole dikenal untuk mempromosikan hak-hak dan kemerdekaan Hawaii Hawaii, baik melalui lirik, yang sering menyatakan kasus kemerdekaan secara langsung, dan hidupnya. Lagunya '78 Hawaii menunjukkan keyakinan dan harapan bagi orang-orang Hawaii
Sepanjang hidupnya, Kamakawiwoole dianggap obesitas dan pada satu titik beratnya 343 kg. Tingi badan 6-kaki-2-inci (1,88 m) tinggi . Dia beberapa kali rawat inap karena masalah yang disebabkan oleh makan berlebihan . Dikepung dengan masalah medis pernapasan dan lainnya, ia meninggal di Pusat medis Ratu di 12:18 pada tanggal 26 Juni 1997. Kamakawiwoole ini meninggalkan seorang istri, Marlene Kamakawiwoole, dan putri mereka, Ceslie-Ann "Wehi".
Bendera negara Hawaii terbang setengah tiang pada 10 Juli, hari pemakaman Kamakawiwoole itu. Peti kayu koa dimana Jenasah Israel berbaring diletakkan di gedung Capitol di Honolulu. Dia adalah orang ketiga dalam sejarah Hawaii akan diberikan kehormatan ini, dan satu-satunya yang bukan pejabat pemerintah. Sekitar sepuluh ribu orang menghadiri pemakaman. Ribuan penggemar berkumpul sebagai abunya tersebar ke Samudera Pasifik di Mākua Beach pada 12 Juli
Pada tanggal 20 September 2003, ratusan sumbangan diberikan untuk membuat patung perunggu berwujut dirinya dan diresmikan di Neighborhood Waianae Community Center di Oahu. Janda penyanyi, Marlene Kamakawiwoole, dan pematung Jan-Michelle Sawyer hadir untuk upacara peresmian. Pemakaman dan hamburan abu Kamakawiwoole yang yang ditampilkan dalam sebuah video musik "Somewhere Over the Rainbow"dirilis oleh Gunung apple
Kamakawiwo'ole rekaman “Over the Rainbow/What a Wonderful World” sebagai soundtrack Meet Joe Black, Finding Forrester, 50 First Dates, Fred Clause,Glee, UK version of Life On Mars series 2, and IMAX: Hubble 3D, among others.

Albums
• Ka ʻAnoʻi (1990)
• Facing Future (1993)
• E Ala E (1995)
• N Dis Life (1996)
• Iz in Concert: The Man and His Music (1998)
• Alone in Iz World (2001)
• Wonderful World (2007)
• Over the Rainbow (2011)



Sumber Berita : Israel Kamakawiwoʻole




RELATED POST :
- DON ROSA SANG PENULIS
- Robert "Radio" Kennedy
- Kata - Kata Bijak Yang Menjadi Sumber Semangat
- KISAH LENGKAP PENCEKIKAN OLEH RAUL LEMOS (SUAMI KRISDAYANTI) PADA WARTAWAN GLOBAL TV
- Kisah lengkap kasus Prita Mulyasari
- Binatang Paling Beracun Di Dunia
- 20 Ribu untuk 1 jam bersama Ayah
- BAI FANG LI (kisah pengorbanan yang menyentuh hati)
- Funny SMS in English
- Kekuatan tanpa kekerasan
- Chemical.Process.and.Design.Handbook (James G. Speight)
- I AM LEGEND : STORY OF AH LONG (HIV BOY)