Jumat, 09 Desember 2011

MICHAEL OHER (SEBUAH KISAH YANG MENGUATKAN)

PREVIEW FILM "THE BLIND SIDE"

Teman - teman pembaca, mungkin beberapa dari kalian pernah menonton sebuah film berjudul The Blind Side (2009). Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Michael Oher. Michael Oher adalah pemuda yang berasal dari keluarga berantakan. Ibunya adalah pecandu narkoba, sedangkan ayahnya tidak pernah diketahui keberadaannya. Kondisi inilah yang membuat badan sosial negara memisahkan Big Mike dari lingkungannya tersebut, dan menempatkannya di keluarga asuh. Sayangnya berada di tengah keluarga asuh pun tidak menjamin Big Mike memiliki kehidupan yang layak. Akhirnya dia hanya pindah dari 1 keluarga asuh, ke keluarga asuh lainnya.

Beruntung kemudian Big Mike “terdampar” di salah satu sekolah Kristen, dimana guru olahraga disana berminat pada postur tubuhnya yang diatas rata – rata. Hampir semua guru yang mengajar disana pesimis akan kemampuan akademis Mike, dan Mike sendiri pun menunjukkan sikap yang sangat pendiam serta pasif. Suatu hari ketika Mike menyapa anak kecil di sekolahnya ( yang kemudian kabur karena takut), S.J (Jae Head), putra dari keluarga Touhy menyapanya dan mengajaknya berteman. Bisa dibilang S.J adalah teman pertama Big Mike.
Pada suatu malam yang dingin, ketika keluarga Touhy baru pulang dari menonton pertunjukan S.J di sekolah, mereka melihat Mike berjalan sendirian dengan menggunakan pakaian seadanya. Leigh Anne ( Sandra Bullock) pun prihatin dan menghampiri Mike.

Dari sinilah diketahui bahwa Mike selama ini tidur di ruang gym sekolahnya dan tidak mempunyai tempat tinggal tetap. Keluarga Touhy akhirnya membawa Big Mike pulang ke tempat tinggal mereka untuk bermalam disana.

Leigh Anne serta keluarganya benar – benar menunjukkan perhatian kepada Big Mike. Mulai dari diberikan makanan, pakaian, kamar tidur, sampai akhirnya Mike diangkat menjadi anggota keluarga mereka. Collins ( diperankan oleh Lily Collins), putri Leigh Anne dan Sean ( Sean McGraw) pun menerima Mike dengan tangan terbuka dan tidak sungkan – sungkan membela ketika melihat Mike mendapat perlakuan tidak enak dari teman sekolahnya.
Leigh Anne pun memperhatikan nilai – nilai Mike di sekolah. Dia menyadari bahwa Mike memiliki nilai tertinggi dalam hal protective insting, yaitu 98 %. Leigh Anne serta S.J pun berusaha membantu Mike dalam memahami olahraga football, mengajarkannya mulai dari dasar serta menemaninya dalam latihan. Mike yang tergabung dalam tim football di sekolahnya akhirnya benar – benar menjadi bagian penting dari timnya.

Ketika pertandingan perdana Mike bersama sekolahnya dilangsungkan, S.J merekam proses berjalannya pertandingan. Video rekaman tersebut kemudian dikirimkan ke universitas – universitas terkenal yang ada di Amerika. Hasilnya? Berpuluh – puluh universitas berbondong – bondong datang untuk mengajak Michael Oher bergabung dalam tim football di universitas masing – masing. Berbagai tawaran pun diajukan.

Beasiswa sudah didepan mata, namun tidak akan berhasil jika nilai Michael tidak mencapai 2.5 GPA. Sehingga Leigh Anne pun sengaja mencarikan guru les untuk Michael, anak asuhnya ini.Seiring dengan meningkatnya prestasi Michael baik dalam akademis maupun olahraga, saat bagi Michael untuk menentukan pilihan kemana dia akan melanjutkan studynya pun tiba.
Keluarga Touhy, mulai dari Sean sang suami, Leigh Anne sang istri, pernah menjadi bagian dari University of Mississippi. Bahkan guru les Mike yaitu Ms. Sue ( Kathy Bates) pun pernah study disana. Maka ketika Mike memilih melanjutkan studynya di universitas tersebut, pihak badan sosial negara pun mempertanyakan ketulusan keluarga Touhy dan mempengaruhi Mike tentang hal ini.

Mike pun kabur dari rumahnya dan kembali ke lingkungan lamanya. Disana Mike terlibat perkelahian dengan geng preman, namun untungnya Mike bertahan dan lari dari tempat kejadian. Leigh Anne yang khawatir akan keberadaan Mike pun mendatangi geng tersebut keesokan harinya, dan meyakinkan mereka, jika sesuatu yang buruk terjadi pada Mike, maka dia tidak akan melepaskan geng tersebut.
Leigh Anne mengungkapkan betapa inginnya dia kalau Mike bergabung di Univ. of Mississippi. Namun demikian, keputusan akhir tetap berada di tangan Mike, karena itu adalah hidupnya. Mike pun dengan mantap memilih Univ. of Mississippi. Itulah jawaban yang diberikan Mike ketika bertemu kembali dengan badan sosial negara, bahwa dia memilih Univ. of Mississippi bukan karena pengaruh atau paksaan, tetapi karena disanalah keluarganya pernah mengenyam pendidikan.

Disaat Mike memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan di universitas bagus, mendapatkan beasiswa, hidup bersama keluarga Touhy, banyak pemuda – pemuda lain seumuran Mike yang mengalami nasib tragis. Mereka yang berasal dari lingkungan yang sama dengan Mike, latar belakang yang sama… mereka yang mungkin begitu ingin berada di posisi yang sama dengan Mike, namun sayang tidak mempunyai kesempatan itu. Suatu hal yang melintas dalam pikiran Leigh Anne, betapa malangnya nasib pemuda – pemuda tersebut. Karena tidak mempunyai keluarga, tidak ada orang yang memperhatikan dan menyayangi mereka, tidak ada kesempatan untuk melanjutkan sekolah… sehingga kehilangan masa depannya.
Michael Oher saat ini sudah menjadi salah satu pemain terbaik di NFL. Keluarga Touhy pun masih menjadi bagian dari hidupnya, dan setia mengikuti pertandingan Mike.

Baik Sandra Bullock, Quinton Aaron, Tim McGraw, Jae Head, Lily Collins dan pemeran lainnya, semuanya menampilkan akting yang bagus disini. Gw demen dengan aktingnya Sandra Bullock di film ini, benar – benar berbeda dari peran yang biasa dia dapatkan. Tidak heran kalau akhirnya dia berhasil mendapatkan piala Oscar untuk best female tahun 2010.

KISAH SEBENARNYA DARI MICHAEL OHER :
Diatas tadi adalah preview dari film itu sendiri.
dan semua yang diceritakan oleh film terus diinspirasi dari sebuah kisah nyata seorang anak dengan nama lahir Michael Jerome Williams, Jr., yang lahir Memphis, Tennessee. Ia merupakan 1 dari 12 anak yang dilahirkan oleh Denise Oher. Ayah biologis Oher adalah pasangan sel mantan kakak Denise Oher dan dibunuh di penjara ketika Oher adalah seorang senior di sekolah tinggi.

Oher bermain sepak bola selama tahun pertamanya di sebuah sekolah menengah umum di Memphis dan diterapkan untuk masuk ke Sekolah Kristen Briarcrest atas prakarsa Tony kenalan Henderson, seorang montir mobil, tempat dia tinggal sementara. Henderson adalah mendaftarkan anaknya ke sekolah dalam rangka untuk memenuhi keinginan sekarat nenek anak itu, dan berpikir Oher mungkin mendaftarkan diri juga. sepak bola sekolah pelatih mengajukan permohonan agar Oher diterima disekolah tersebut kepada kepala sekolah, dan akhirnya kepala sekolah setuju untuk menerima dia jika Oher bisa menyelesaikan program studi rumah pertama. Meski tidak menyelesaikan program itu akhirnya ia tetap diterima sebagai murid disekolah tersebut.
Setelah musim sepak bola 2003 di Briarcrest, ia mendapat gelar gelandang terbaik Divisi II pada tahun 2003, dan Tennessee Tim menjadikannya sebagai 5 recruttan yang paling berprospek. Sebelum musim itu dan dua puluh bulan sebelum nya di Briarcrest, Oher telah hidup dengan keluarga asuh beberapa. Pada tahun 2004, Leigh Anne dan Sean Tuohy, pasangan dengan seorang putri dan anak menghadiri Briarcrest, Oher diperbolehkan untuk tinggal bersama mereka dan akhirnya mengadopsinya. Keluarga mulai mengurus kebutuhan setelah menjadi akrab dengan masa yang sulit. Mereka juga menyewa seorang guru baginya, yang bekerja dengan dia selama dua puluh jam per minggu.
Hebat dibidang olahraga,berbeda dengan kehidupannya dibidang pendidikan. Diawali dengan hasil yang sangat buruk,dengan belajar giat serta dibantu seorang guru les akhirnya ia mampu menaikkan nilai nya.
Dengan start Ipk hanya 0,76 ia mampu lulus (IPK) IPK 2,52 yang merupakan batas minimal agar ia bisa diterima diperguruan tinggi dengan beasiswa olahraga.elumnya, seperti bahasa Inggris, dengan Sebagai diperoleh melalui internet.

Meskipun ia menerima beasiswa tawaran dari University of Tennessee, Louisiana State University, University of Alabama, Auburn University, dan University of South Carolina, Oher akhirnya memutuskan untuk bermain untuk Pelatih Ed Orgeron di University of Mississippi, almamater wali-Nya , Leigh Anne dan Sean Tuohy. Keputusan itu memicu penyelidikan oleh NCAA. Masalah pertama adalah bahwa rata-rata nilai Oher itu (IPK) masih terlalu rendah untuk memenuhi persyaratan untuk masuk ke Ole miss walaupun dengan beasiswa Olahraga.

Isu kedua adalah hubungan Tuohys 'yang sudah ada dengan sekolah dan fakta bahwa pelatih SMA Oher, Hugh Freeze, dipekerjakan oleh Ole dua puluh hari setelah Oher menandatangani suratnya of intent. Freeze menegaskan bahwa jabatannya dengan Ole Miss bukan contoh pound pro quo untuk mendorong oher lebih memilih menerima Ole Miss, melainkan hasil dari hubungannya yang sudah ada sebelumnya dengan Ole koordinator Nona ofensif Noel Mazzone. NCAA tidak menutup kasus pada kecurigaan atas kolusi . Namun NCAA, memutuskan bahwa Ole Miss tidak melakukan pelanggaran dalam rekrutmen Oher.
Oher dimulai pada sepuluh pertandingan sebagai penjaga selama musim pertamanya di Ole Miss, menjadi mahasiswa pertama tim All Amerika. Setelah beralih ke posisi kiri untuk mengatasi musim 2006, dia ditunjuk untuk berbagai pramusim Semua Konferensi dan All-American tim. Oher diangkat menjadi kedua tim Southeastern Konferensi (SEC) gelandang ofensif setelah itu sophomore musim dan pertama-tim SEC gelandang ofensif setelah musim juniornya. Oher juga sukses akademis di Ole Miss, dan skor IQ-nya meningkat dari 20 sampai 30 poin antara ketika ia diukur dalam sistem sekolah umum dewasa. Dan pada akhirnya ia menjadi lulusan di bidang hukum Peradilan Pidana.

Berikut ini Penghargaan yang diterima oleh Michael Oher.
2005 First Team Freshman All-American
2005 First Team All-Quad Freshman Chrome [AQFC] Tackle Letius
2005 First Team SEC All-Freshman
2006 Second Team All-SEC
2007 First Team All-SEC
2008 First Team All-American
2008 First Team All-SEC
2008 Shug Jordan Award as the Southeast Offensive Lineman of the Year
2008 Colonel Earl “Red” Blaik Leadership-Scholarship Award
2008 Outland Trophy finalist
2008 Conerly Trophy finalist
2008 Lombardi Award semifinalist
2008 SEC Jacobs Blocking Tropht


Dari kisah michael oher saya lebih tertarik melihat dari sudut pandang keluarga walinya terutama ibunya Leigh Anne. Ia merupakan wanita yang sangat mandiri dan sangat perduli. Walaupun diawal ia membantu Oher dia mendapat gunjingan, ia tetap maju dan tak memperdulikan perkataan orang lain tentang apa yang dia lakukan. Ada sebuah kata-katanya yang selalu kuingat "bukan apa yang telah aku ubah dari Oher, tapi Oher lah yang telah mengubahku" (maaf kalau salah ingat ya). Intinya dia melakukan itu bukannya untuk mendapatkan sebuah pujian ataupun penghargaan atau sekedar pamer (kayak pejabat dan artis2 ditempat kita yang kalau nyumbang harus disyuting dulu hehe). Ia melakukannya karena ia benar benar perduli, dan karena rasa cintanya yang tulus terhadap oher. Rasa cinta yang ia berikan itu tidak saja membahagiakan oher,tapi lebih membahagiakan lagi ke Leigh Anne. Ia menjadi berarti dalam hidupnya. Dan 1 lagi yang saya dapat dari film ini adalah kita harus belajar untuk percaya dan jangan hanya memandang seseorang dari penampilan saja.
Dan satu lagi tokoh yang menyentuh saya adalah suami dari Leigh Anne yaitu Sean Tuohy, yang begitu mendukung segala tindakan istrinya. karena ia juga penuh akan kepedulian dan cinta. Kepercayaan dan kepekaan Sean Tuohy sebagai suami membuat Leigh Anne tidak merasa takut maupun khawatir dalam melakukan kebaikan, karena ia sangat tau bahwa suaminya akan mendukungnya.
Merupakan contoh sempurna untuk sebuah keluarga ideal, dimana antara suami dan istri memiliki visi dan misi yang sama, dalam menjalani hidup mereka.

semoga kisah ini bisa jadi sebuah contoh yang sempurna untuk kita menjalani hidup kita,mengisinya dengan sesuatu yang berarti untuk diri kita dan sesama..





RELATED POST :
- Robert "Radio" Kennedy
- Kata - Kata Bijak Yang Menjadi Sumber Semangat
- KISAH LENGKAP PENCEKIKAN OLEH RAUL LEMOS (SUAMI KRISDAYANTI) PADA WARTAWAN GLOBAL TV
- Kisah lengkap kasus Prita Mulyasari
- Binatang Paling Beracun Di Dunia
- 20 Ribu untuk 1 jam bersama Ayah
- BAI FANG LI (kisah pengorbanan yang menyentuh hati)
- Funny SMS in English
- Kekuatan tanpa kekerasan
- Chemical.Process.and.Design.Handbook (James G. Speight)
- I AM LEGEND : STORY OF AH LONG (HIV BOY)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih info nya, sangat menginspirasi saya untuk tetap bisa menghargai sesama dalam situasi dan kondisi apapun karena kita tidak akan tahu,,What's will hapened next ....""astien

Unknown mengatakan...

Kereeeeen ! Heart beat ... Sangat terinspirasi

Unknown mengatakan...

Kereeeeen ! Heart beat ... Sangat terinspirasi

Pak JUNEDI DI BALI mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Posting Komentar