Selasa, 13 Desember 2011

DON ROSA SANG PENULIS


Gioachino "Keno" Don Hugo Rosa (lebih sering disebut Don Rosa) (lahir 29 Juni 1951; umur 60 tahun) adalah seorang penulis dan penggambar komik yang terkenal karena ceritanya tentang Gober Bebek, Donal Bebek dan karakter Disney lainnya. Dia lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Karyanya yang paling terkenal adalah The Life and Times of Scrooge McDuck, dan sejarah pendidikannya jurusan engineer di University of Kentucky 1969-1973.
Pada tahun 1985, dia menemukan buku komik produksi penerbit Gladstone di jendela toko komik kecil. Ini adalah komik Amerika Serikat yang pertama yang berisi tentang karakter Disney setelah tahun 1970. Sejak Don Rosa masih kecil, ia sangat suka dengan cerita tentang Donal Bebek dan Gober Bebek. Artis Carl Barks juga senang dengannya dan terus menyukainya selama sisa karirnya. Barks segera memanggil editor Gladstone Byron Erickson dan memberitahunya bahwa Don Rosa adalah salah satu orang Amerika sang lahir untuk menulis dan menggambar komik Gober Bebek. Byron setuju dan membiarkannya mengirim ceritanya, dan Don Rosa mulai menulis cerita pertamanya, Son of the Sun yang dibintangi oleh Gober Bebek, Donal Bebek, Kwik, Kwek, dan Kwak, dan Gover Bebek. Kisah Son of the Sun sukses dan dinominasikan kedalam Harvey Award.
Don Rosa juga menulis beberapa komik lainnya untuk Gladstone sampai tahun 1989. Dia akhirya berhenti bekerja untuk Gladstone karena peraturan dari Disney yang tidak memperbolehkan cerita asli gambaran artis untuk dikembalikan kepada sang artis. Hal ini tidak diterima oleh Don Rosa, karena bagian dari pendapatannya berasal dari menjual ceritanya yang asli, tanpa pendapatan ekstra itu, ia tidak bisa hidup sebagai penggambar buku komik.


Setelah ia berhenti bekerja untuk Gladstone, ia bekerja untuk penerbit Belanda, Oberon yang mempublikasi majalah Disney untuk anak-anak yang bernama DuckTales (berdasarkan film animasinya pula) karena Oberon menawarkannya gaji yang lebih besar dibanding saat dia di penerbit Gladstone. Don Rosa hanya membuat 1 naskah, yaitu Back in Time for a Dime, setelah itu penerbit Oberon tidak memintanya untuk membuat lebih banyak lagi, dan juga karena masalah dalam menerima gaji, Don Rosa tidak peduli.
Setelah ia bekerja untuk majalah DuckTales, Don Rosa menemukan bahwa penerbit Denmark, Egmont (pada waktu itu disebut Gutenberghus) telah mempublikasi ceritanya dan ingin lebih banyak lagi. Don bergabung dengan Egmont tahun 1990 bersama dengan Byron Erickson, editor Gladstone sebelumnya.
Pada tahun 1991, ia memulai membuat kisah The Life and Times of Scrooge McDuck, sebuah cerita dalam 12 bagian tentang karakter favoritnya. Cerita ini sangat sukses, dan pada tahun 1995, ia memenangkan Eisner Award. Setelah itu,, Don mulai memproduksi bagian yang hilang. Beberapa bagian ekstra tidak diproduksi karena mereka tidak tertarik lagi dengan episode tersebut, namun, penerbit Perancis, Piscou mempublikasi cerita itu, sehingga Don Rosa sejak tahun 1999 memulai bekerja degan Picsou. Kisah ekstra ini disebut dengan Life and times of Scrooge McDuck Companion.
Selain itu, ia juga banyak membuat karya lain, seperti contohnya silsilah keluarga bebek, ia juga membuat banyak kisah petulangan Donal Bebek dan Gober Bebek.

dari tokoh ini kita belajar behwa banyak cara kita untuk bisa berkreasi, semua disesuaikan dengan bakat yang kita miliki. Don Rosa dengan bakatnya menggambar dan membuat cerita, dan kreativitasnya yang tidak luntur dimakan usia patut kita ikuti juga untuk membuat kita selalu bersemangat dalam menjalani dan mengisi hidup. Cerialah dalam menjalani hidup karena hidup gak akan menunggu kita untuk cerita. Ia akan berjalan terus meninggalkan kita bila kita hanya diam.
berimajinasilah dengan fikiran bebas kita dalam mencari arti dari setiap cerita.

sumber cerita



RELATED POST :
- Robert "Radio" Kennedy
- Kata - Kata Bijak Yang Menjadi Sumber Semangat
- KISAH LENGKAP PENCEKIKAN OLEH RAUL LEMOS (SUAMI KRISDAYANTI) PADA WARTAWAN GLOBAL TV
- Kisah lengkap kasus Prita Mulyasari
- Binatang Paling Beracun Di Dunia
- 20 Ribu untuk 1 jam bersama Ayah
- BAI FANG LI (kisah pengorbanan yang menyentuh hati)
- Funny SMS in English
- Kekuatan tanpa kekerasan
- Chemical.Process.and.Design.Handbook (James G. Speight)
- I AM LEGEND : STORY OF AH LONG (HIV BOY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar