Kamis, 12 Juli 2012

CARA MENGHADAPI MASALAH DALAM BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN BARU

Ini sekedar share pengalaman ketika harus menghapi lingkungan baru. Kita akan dipaksa oleh keadaan untuk bisa beradaptasi. Beradaptasi ini dimaksut dengan kebudayaan,kehidupan sosial maupun harus mencari teman baru. Ini pernah saya alami ketika harus kuliah ke kota malang dengan kondisi daerah nya yang sangat santai,dingin dan banyak hiburan. Lalu saya alami lagi ketika harus kerja ke sebuah daerah pedalaman yang sepi,sedikit hiburan dan masyarakat daerah dengan budaya nya yang khas. Kadang dalam adaptasi ini mudah dan terkadang sulit. Yang mudah bagi saya ketika saya beradaptasi dimasa kuliah, saya bertemu dengan banyak teman dari banyak daerah dan sama sama perantau. Jadi hal ini memudahkan saya untuk bisa mendapat kan teman teman baru, karena rasa senasib itu memaksa kami untuk berkenalan dan mudah untuk akrab. Ditambah lagi masyarakat malang yang ramah ramah terhadap orang luar jadi kita tak perlu banyak khawatir. Namun yang sulit bagi saya adalah ketika tiba tiba saya mendapat kebebasan mutlak untuk mengatur hidup saya menghadapi kota malang yang begitu banyak hiburan dan kehidupan kuliah. Saya sempat terhanyut oleh kebebasan itu dan kuliah saya jadi ancur ancuran. Namun karena kasih ibu,akhirnya kembali ke jalan lurus haha... Dilanjut lagi ketika saya harus menghadapi kehidupan keras ketika bekerja dipedalaman, menghadapi dunia kerja yang penuh tuntutan baik dari atasan dan rekan kerja,ditambah lagi harus memanage anggota dengan berbagai macam tipe. Ini sangat sulit karena harus dilakukan dengan cepat. Saya bahkan sampai detik terakhir disana masih kadang mengalami stres dan presure yang cukup tinggi. Ketika saya sudah mampu mengatasi pressure kerjaan, saya harus mengalami lagi presure dari anak buah yang memiliki tuntutan mereka baik yang masuk akal ataupun gak masuk akal dan hanya berdasarkan rasa egois dan harga diri. Harus menghadapi lagi kepentingan orang luar yang mencari keuntungan sedangkan kita adalah salah satu lapisan penentunya, bila kita dianggap merugikan jawabpan mereka terkadang adalah ancaman. Jadi dari semua pengalaman hidup saya itu saya berikut ini cara cara yang saya lakukan untuk mengatasinya :
1. MEMBUAT JADWAL UNTUK SETIAP TUJUAN / TARGET HIDUP KITA DI SETIAP SATUAN WAKTU Buat lah target tareget dalam hidup kita, dan tentukan kapan itu kira kira akan terkabul. Hal ini agar kita gak terhanyut oleh kondisi kondisi yang ada di lingkungan baru kita. dan bila target itu tidak tercapai dan evaluasi kenapa itu tidak tercapai, dan perbaiki setiap kesalahan itu. Itu bisa karena kita terlalu santai atau karena stress oleh karena kondisi baru yang kita hadapi. Bila ada ini, kita bisa selalu evaluasi diri kita dan evaluasi itu yang sangat penting untuk memperbaiki diri kita pada esok harinya.
2. LEBIH BAIK BANYAK MENDENGAR,MELIHAT DIAWAL /PELAJARI DAHULU MENGENAI DAERAH BARU DIMANA KITA TINGGAL Ketika kita memasuki lingkungan baru lebih baik kalau kita banyak mendengar dan melihat saja dulu, coba perhatikan setiap orang yang ada,pelajari sifat mereka, budaya yang ada ataupun peraturan daerahnya. Karena itu akan sangat membantu kita untuk memilih bagaimana bersikat terhadapa setiap individu dan bertindak disetiap daerah. Hal ini juga mencegah kita untuk kena masalah ataupun cara kita untuk bisa membaur ke lingkungan baru kita tersebut. Hal ini terbukti sekali kepada saya, ketika di kuliah saya bisa bebas bercanda dengan siapa saja. Namun ketika saya bekerja di sebuah daerah pedalaman saya kena batunya karena candaan tanpa arti buat saya bisa membuat orang jadi emosi. Jadi pelajari dulu setiap individu dan sifat dasar setiap masyarakatnya. Karena meskipun kita ini satu INDONESIA tapi rasa sentimen,kesenjangan ataupun harga diri bisa sangat mengganggu bila tidak kita pahami. Apalagi menghadapi masyarakat asli terkadang akan agak sulit,karena anggapan kita hanyalah pendatang akan membuat mereka merasa lebih berkuasa meskipun di perusahaan kita atasan mereka. Jadi hal ini bisa sangat memancing emosi mereka.
3. TANAMKAN SEBUAH TUJUAN HIDUP YANG KUAT DALAM DIRI KITA Maksut saya disini adalah kita harus menanamkan sesuatu keinginan kuat dalam diri kita agar kita tetap punya sebuah keyakinan untuk mampu menghadapi segala kesulitan dan itu adalah sesuatu yang bisa menarik kita keluar dari sebuah ketepurukan. Ini saya alami ketika saya terpuruk di kuliah dan ketika saya drop saat kerja, satu tujuan hidup yang selalu menarik saya dan memberi saya semangat adalah "SAYA HARUS MEMBAHAGIAKAN KEDUA ORANG TUA SAYA". jadi dilingkungan baru sekeras apapun semangat ini yang membuat saya bertahan terus agar tidak stres dan kuat bertahan.
Semoga sedikit saran ini bisa menjadi masukan sangat berarti buat para pembaca lainnya. sekali lagi ini adalah menurut pengalaman pribadi saya, kalau memang berbeda dengan pendapat pembaca, semoga bisa memberikan masukan

4 komentar:

pulsa murah jakarta mengatakan...

nice gan

CREEPIK mengatakan...

terima kasih mas PULSA MURAH JAKARTA.. :) moga bermanfaat

Unknown mengatakan...

Semoga bermanfaat !

Unknown mengatakan...

goooodddd... thnks gan

Posting Komentar